Featured Post

Toga - Tanaman Obat Keluarga

Seledri Tanaman obat keluarga atau lazim disebut TOGA adalah tanaman hasil budidaya rumahan yang berkhasiat sebagai obat. Sedangkan T...

Minum Air Delapan Gelas Sehari?


Tubuh manusia sebagian besar adalah cairan. Sebanyak 60% lebih adalah cairan. Setiap sistem dalam tubuh kita membutuhkan air dalam menunjang kerjanya. Contohnya saja darah mengandung cairan untuk membawa nutrisi ke sel-sel dalam tubuh kita, air juga diperlukan untuk membuang racun yang dihasilkan organ vital tubuh, air juga yang menciptakan lingkungan lembab untuk telinga, hidung, dan tenggorokan. Sehingga, organ-organ dalam tubuh kita bekerja dengan baik. Selain itu, air juga bermanfaat untuk mencegah batu ginjal dan sembelit.
Jika tubuh kekurangan air, maka sel-sel dalam tubuh akan lebih sulit untuk melakukan kerjanya. Kita bisa mengalami dehidrasi. Hal ini dapat menguras energi dan membuat kita lelah. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition dan melibatkan wanita membuktikan bahwa kekurangan cairan sebanyak 1,36% setelah olahraga dapat mengganggu suasana hati dan konsentrasi, juga dapat menyebabkan sakit kepala
Berapa banyak kebutuhan Air minum Kita?
Seperti yang kita pelajari ketika duduk dibangku sekolah dasar, Bapak Ibu guru mengajarkan agar kita Minum air delapan gelas sehari. Pelajaran ini tentu kita ingat sampai saat ini dan seolah sudah menjadi perintah yang mengharuskan kita minum air putih sebanyak 8 gelas sehari. Namun ternyata kebutuhan air setiap orang tidak sama. Beberapa faktor yang mempengaruhi kebutuhan akan air setiap orang berbeda diantaranya:

  1. Aktivitas - Tentu setiap orang berbeda aktivitas sehari hari. Jika aktivitas kita mengeluarkan banyak keringat maka kita akan membutuhkan cairan lebih banyak.
  2. Kesehatan - Orang yang mengalami gangguan kesehatan seperti demam, muntah-muntah, atau diare, tubuh  akan mengeluarkan lebih banyak cairan. Sehingga, dalam kondisi ini membutuhkan lebih banyak cairan. Namun, beberapa kondisi seperti gagal jantung, penyakit ginjal, dan penyakit hati, harus membatasi asupan air Anda.
  3. Cuaca - Kita membutuhkan air lebih banyak saat cuaca sedang panas atau lembab karena lebih banyak berkeringat pada saat ini. Atau jika tinggal di ketinggian 2500 meter, Anda mungkin juga membutuhkan air lebih banyak. Pada ketinggian ini, Anda biasanya akan lebih sering buang air kecil dan bernapas lebih cepat, sehingga lebih banyak cairan tubuh yang terbuang dan Anda perlu menggantinya.
  4. Kehamilan dan menyusui - Pada saat hamil dan menyusui, wanita membutuhkan air lebih banyak untuk mencukupi kebutuhan cairannya yang tinggi. Terjadi banyak perubahan di dalam tubuh ibu hamil, sehingga kebutuhan cairan ibu hamil pun meningkat. Ibu menyusui juga membutuhkan air lebih banyak untuk memproduksi ASI.
Cara sederhana untuk melihat apakah kita kekurangan cairan atau dehidrasi, bisa kita lihat dari warna urin. Warna urin jernih berarti kita cukup cairan. Jika warna urin lebih gelap atau kekuning-kuningan maka kita dalam kondisi dehidrasi sehingga harus segera minum airputih secukupnya.

0 Response to "Minum Air Delapan Gelas Sehari?"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel