Featured Post

Toga - Tanaman Obat Keluarga

Seledri Tanaman obat keluarga atau lazim disebut TOGA adalah tanaman hasil budidaya rumahan yang berkhasiat sebagai obat. Sedangkan T...

Jeruk Nipis


Jeruk nipis sudah tidak asing lagi bagi kita. Bagi masyarakat pedesaan atau yang memiliki lahan kosong dipekarangan biasanya memiliki satu atau beberapa pohon jeruk nipis. Alasan merka tentu bisa memetik sewaktu-waktu membutuhkannya. Ketika memasak beberapa macam resep makanan. biasanya jeruk nipis digunakan sebagai penambah cita rasa makanan. Air perasan jeruk nipis buah jeruk nipis sering  digunakan sebagai penyedap masakan, minuman, penyegar, bahan pembuat asam sitrat, serta membersihkan karat pada logam dan kulit yang kotor. Jeruk nipis (Citrus aurantifolia) telah dikenal sejak lama sebagai tanaman yang kaya khasiat. Buah ini memiliki rasa asam dan pahit, akan tetapi manfaat jeruk nipis ternyata banyak dibutuhkan tubuh. Jeruk nipis selain digunakan untuk bahan pangan, buah yang satu ini dapat digunakan sebagai alternatif pengobatan untuk segala macam penyakit. Sebagai herbal alami, khasiat jeruk nipis juga dipercaya mampu menghilangkan sumbatan vital energi, obat batuk, peluruh dahak (mukolitik), peluruh kencing (diuretik) dan keringat, serta membantu proses pencernaan.

Jeruk nipis mengandung minyak terbang limonene dan linalool, juga flavonoid, seperti poncirin, hesperidine, rhoifolin dan naringin. Kandungan buahnya yang masak adalah synephrine, N-methyltyramine, asam sitrat, kalsium, fosfor, besi dan vitamin A, B1, dan C. Asam sitratnya mampu mencegah kekambuhan pada pasien pasca operasi batu ginjal.

0 Response to "Jeruk Nipis"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel